Gerak Jalan Pendek (2)

Posted: October 31, 2013 in Berlatih Silat
Tags: , , , , ,

Keaneka ragaman gerak yang diciptakan oleh alm. Suhu Subur Rahardja, sang pendiri perguruan silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih, dan semenjak berpulangnya beliau, perguruan dilanjutkan dan dikembangkan oleh Guru Besar Gunawan Rahardja, untuk memberikan pengajaran dan pembelajaran berolah tubuh agar tetap bermuara pada upaya pencapaian spirit / daya meraih keseimbangan jasmani/badan dan mental/jiwa seseorang. Seni olah tubuh PGB Bangau Putih tidak hanya berkaitan dengan teknik-teknik dan keterampilan bela diri semata, tetapi juga upaya pengolahan gerak dari sisi kesehatan pada umumnya. Estetika gerak tidak hanya dari sisi aplikasi gerak beladiri namun dengan olah gerak tersebut bila digali akan berlapis nilai keilmuan yang dapat dipelajari dan diolah.

Ketika berlatih gerakan silat adalah saat dimana memberikan waktu bagi badan untuk mengaktualisasi diri ke dalam gerak dan mengistirahatkan sementara aktifitas pikiran. Mari kita menengok metode pembelajaran olah gerak tubuh dari sisi olah gerak jalan pendek. Pada metode gerak jalan pendek terdapat 365 macam gerak di perguruan ini jika ditafsirkan bahwa satu tahun terdiri atas 365 hari, maka dalam satu hari setidaknya satu gerakan untuk berolah gerak pada anggota tubuh kita. Sehingga pembentukan olah gerak akan terjadi dengan sendirinya, karena badan akan merespon ketika kita melakukan gerakan silat, badan akan menyimpan ingatan /memory secara gerak dengan sendirinya, tidak perlu dipikirkan lagi. Pelaku gerak tidak perlu menghapalkan gerakan, namun cukup dilatih dan digerakkan dalam posisi yang tepat.

 

Apakah ada kaitannya dengan kesehatan di badan kita? Mengapa di perguruan ini di dalam metode pelatihan tidak memakai alas kaki?

 

syaraf-telapak-kaki

syarat telapak kaki

Jawabannya: “Ya !!!”, semisal di metode gerak ‘jalan pendek’ yang sangat akrab bagi pelakunya, yaitu kuda berjalan, dengan adanya pergeseran antara telapak kaki dan lantai latihan akan menimbulkan daya rangsang berupa panas yang secara alami akan menjalar melalui syaraf- syaraf di telapak kaki, yang selanjutnya daya rangsang panas tersebut akan menyebar luas ke tubuh bagian atas. Daya rangsang panas selanjutnya akan tersambung dengan sistem syaraf yang pada tingkatan paling sederhana, fungsi sistem saraf adalah untuk mengirimkan sinyal dari satu sel ke sel lain, atau dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lain. Daya panas tersebut akan membantu kinerja dari sistem syaraf maupun ke organ tubuh manusia. Semisal daya rangsang panas tersebut akan tersambung pada organ pankreas, dimana kita semua tahu bahwa organ pankreas sebagai penghasil insulin untuk pengontrol kadar gula dalam darah. Jika pengolahan gerak dilakukan berulang kali dan terus menerus, organ pankreas akan lebih terjaga dalam porsi kinerja mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga dapat menjaga kemungkinan dari potensi menderita penyakit diabetes. Selain tentu saja dengan tetap menjaga pola hidup dan pola makan setidaknya kita dapat menjaga kesehatan dengan tindakan preventif yang sederhana hanya berolah gerak dengan meluangkan sedikit waktu untuk berlatih.

Bagaimana dengan organ yang lain seperti organ lambung, lever/hati, paru-paru, ginjal, jantung? Padahal hampir semua gerakan di perguruan silat PGB Bangau Putih ini, menggunakan metode pergeseran kaki, lho ….!!!!!

Nah ……., bagaimana dengan gerakan di tangan, kaki atau gerakan berguling, loncatan? Semua gerakan tersebut akan mengolah tubuh dari sisi kesehatan pada umumnya, nantikan pada tulisan selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

“Tetap berlatih walau ruang dan waktu sempit.”

Posted by antosilat from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s